Pelatihan Ahli K3 Umum

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan sebuah elemen penting yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan dalam melaksanakan setiap bidang kerjanya. Penerapan K3 dalam suatu bidang kerja tentunya harus dalam pengawasan ahli K3 yang tersertifikasi ahli K3 umum Kemenaker.

Untuk menjadi ahli K3 maka Anda diharuskan mengikuti pelatihan ahli K3 umum yang diselenggarakan oleh Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja.  Ahli K3 sendiri di bagi menjadi beberapa kategori, yakni Ahli K3 Umum dan K3 Spesialis. K3 Spesialis terkait dengan ilmu kesehatan kerja, K3 Teknik Keselamatan, K3 Teknik Industri, K3 Kimia, K3 Fisika Kesehatan, K3 Psikologi Organisasi dan Industri, K3 Ergonomika, dan K3 Psikologi Kesehatan Kerja.

Dasar Hukum

Ahli K3 umum adalah individu terdidik dan terlatih di bidang K3 yang berkompetensi untuk melakukan tindakan operasional K3 sesuai bidang perusahaan tersebut yang dibuktikan dengan sertifikat ahli K3 umum. Keberadaan ahli K3 umum dalam suatu perusahaan ini menjadi kewajiban yang dicanangkan oleh pemerintah kepada perusahaan-perusahaan untuk mengurangi resiko kerja. Tentu saja pelatihan ahli K3 umum dilatarbelakangi peraturan-peraturan pemerintah terkait K3 ini. Dengan kewajiban adanya ahli K3 umum di berbagai instansi, tentu saja perlu adanya pembaharuan SDM yang kompeten di bidang ini.

UU no. 1 Tahun 1970, Permen No.4/MEN/87 pasal 2 yang mengharuskan setiap perusahaan memiliki ahli K3. Kemenker No.239/MEN/2003 yang mengatur Pedoman Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi. Ada pula PerMenTenaga Kerja Per.02/Men/1992 yang mengatur tata cara penunjukan, kewajiban, dan wewenang ahli keselamatan dan kesehatan kerja. Salah satu lembaga yang berwenang mengeluarkan sertifikat ahli K3 umum adalah Kemenaker. 

Keberadaan ahli K3 juga diperlukan dalam perusahaan mengingat adanya undang-undang Jaminan Sosial dan Jaminan Lain Tenaga Kerja. Pada UU no 3 Tahun 1992 tentang Jamsostek mewajibkan perusahaan menjamin kepentingan hari tua dan perlindungan lainnya kepada tenaga kerja. Jaminan tersebut diantaranya menyangkut Jaminan Kecelakaan kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pemeliharaan Kesehatan, serta Jaminan Kematian.

Apa Itu Pelatihan K3 Umum

Pelatihan ahli K3 umum merupakan pelatihan di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja agar peserta mendapat pembelajaran dan kemampuan secara lengkap dalam operasional K3 secara umum. Pelatihan ini secara umum menyangkut pemeliharaan kesehatan dan keselamatan di lingkup kerja, perlindungan terhadap rekan kerja, keluarga pekerja, konsumen, serta orang lain yang mungkin terdampak dengan lingkungan kerja. Sertifikat ahli K3 umum menjadi persyaratan ahli K3 umum yang bisa diajukan oleh perusahan-perusahaan pada umumnya.

Pelatihan ini juga mengarahkan pada bagaimana pentingnya K3 terhadap moral, legalitas, dan finansial baik perorangan maupun perusahaan. Pada pelatihan ahli K3 umum anda akan mendapatkan pembelajaran terkait pencegahan, pemberian sanksi, kompensasi kecelakaan kerja, perawatan dan penyembuhan luka akibat kecelakaan kerja, serta penyediaan perawatan kesehatan. Sertifikasi ahli K3 umum menandakan anda memiliki kemampuan yang bisa anda terapkan pada perusahaan-perusahaan umum terkait keselamatan dan kesehatan kerja.

Alasan Mengikuti K3 Umum

Pelatihan ahli K3 Umum berguna untuk menambah kompetensi diri yang mampu menaikan nilai jual seseorang. Dengan memiliki sertifikat ahli K3 umum, maka anda dapat menawarkan diri ke perusahaan perusahaan yang sesuai dengan spesifikasi K3 anda. Dengan demikian, peluang anda mendapatkan pekerjaan semakin besar, sebab keberadaan ahli K3 menjadi suatu keharusan bagi setiap perusahaan.

Selain itu, sertifikat ahli K3 umum juga berguna bagi anda yang telah memiliki pekerjaan. Memiliki sertifikat ahli K3 umum dapat mendukung anda mendapatkan kenaikan pangkat atau jabatan dalam pekerjaan anda sekarang. Sertifikat K3 membuat anda memiliki nilai yang lebih tinggi di lembaga perusahaan maupun bidang pekerjaan anda. 

Tujuan Pelatihan K3 Umum

Peserta pelatihan diharapkan mampu bekerja dan melaksanakan pembinaan fungsi K3 di perusahaan terkait serta melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan semakin banyak tenaga ahli K3 yang dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan yang diwajibkan dalam pedoman hukum yang telah disebut di atas. Tenaga ahli K3 terlatih dan tersertifikasi diharapkan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai dengan bidang pekerjaan di suatu perusahaan tertentu. Keberadaan ahli K3 umum di berbagai sektor industri diharapkan meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja, yang tidak hanya merugikan pekerja namun juga perusahaan.

Persyaratan Mengikuti Pelatihan K3 Umum

Beberapa persyaratan dokumen yang harus dipenuhi bagi calon peserta pelatihan ahli K3 umum adalah sebagai berikut :

  1. Pendidikan terakhir minimal D.III
  2. Berpengalaman kerja di bidang terkait minimal 1 tahun
  3. Melampirkan foto copy ijazah terakhir
  4. Melampirkan foto copy KTP
  5. Melampirkan pas foto background merah ukuran 1,5cm x 2cm 4cm x 6cm masing-masing 4 lembar
  6. Melampirkan surat keterangan sehat dari klinik /RS terdekat
  7. Melampirkan surat pengantar /keterangan /penunjukan dari perusahaan

Persyaratan dokumen tersebut harus dipenuhi oleh para calon peserta pelatihan agar segala proses pelatihan dan selanjutnya bisa berjalan dengan baik.

Materi K3 umum

  1. Pre - Test
  2. Kebijakan K3 Nasional
  3. UU No.1 tahun 1970
  4. Prinsip – Prinsip Dasar K3
  5. P2K3
  6. Kelembagaan dan Keahlian K3
  7. Pengawasan K3 Penanggulangan Kebakaran
  8. Pengawasan K3 Listrik
  9. Pengawasan K3 Pesawat Uap
  10. K3 BejanaTekan
  11. Pengawasan K3 Mekanik
  12. Pengawasan K3 Konstruksi Bangunan
  13. Pengawasan K3 Kesehatan Kerja
  14. Pengawasan Bahan Kimia Berbahaya
  15. Pengawasan K3 Lingkungan Kerja
  16. Sistem Manajemen K3 (SMK3)
  17. Audit SMK3
  18. Manajemen Resiko
  19. Analisa Kecelakaan
  20. Analisa Laporan dan Statistik Kecelakaan
  21. Praktek Plan Visit /Kunjungan Lapangan/PKL
  22. Post – Test 23. Seminar
  23. Seminar

Hasil Dari Pelatihan K3 Umum Yang Ingin Diraih

Anda yang mengikuti pelatihan ahli K3 umum diharapkan menjadi tenaga ahli yang kompeten dalam melakukan operasional K3 di berbagai perusahaan. Tidak hanya secara teoritis, namun mengetahui bagaimana eksekusi, penanganan kecelakaan kerja, analisis kasus kecelakaan, pembuatan laporan, proses pengawasan, serta proses audit terkait K3 ini. 

Dengan adanya ahli K3 umum diharapkan mengurangi angka dan resiko kecelakaan kerja dan meningkatkan performa perusahaan. Selain itu hal ini juga menunjang peningkatan citra perusahaan secara umum. Selain itu pemenuhan hak-hak kesehatan dan keselamatan kerja karyawan menjadi lebih terjamin.

Beberapa point kemampuan yang diharapkan adalah sebagai berikut :

  1. Menjelaskan tugas, wewenang dan tanggung jawab Ahli K3
  2. Menjjelaskan hak pekerja dan bidang K3
  3. Menjelaskan pengusahan bahwa upaya K3 menguntungkan bagi perusahaan
  4. Menjelaskan tujuan sistem manajemen K3 (SMK3)
  5. Menjelaskan sistem pelaporan kecelakaan
  6. Menganalisa kasus kecelakaan, mengetahui faktor penyebabnya dan dapat menyampaikan laporan kecelakaan pada pihak terkait
  7. Mengenal P2K3, tugas, tanggung jawab, dan wewenang organisasi. Mengenal pembinaan dan pengawasan K3 di tingakat perusahaan, Nasional dan Internasional
  8. Mengidentifikasi objek pengawasan K3
  9. Mengetahui persyaratan dan pemenuhan terhadap peraturan perundang undangan di tempat kerja
  10. Mengetahui persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja di tempat kerja
  11. Mnegetahui proses audit dan ruang lingkupnya untuk mengukur tingkat pencapaian

Fasilitas dan Lokasi Pelatihan

Selama masa pelatihan (Public Training), peserta pelatihan ahli K3 umum akan mendapatkan beberapa fasilitas dari Formasi Training antara lain sebagai beikut :

  1. Instruktur 
  2. Ruang pelatihan yang nyaman
  3. Free wifi
  4. Modul materi
  5. Alat tulis
  6. Souvenir Polo Shirt dan Tas Punggung Formasi Training
  7. 2 kali coffee break dan 1 kali makan siang
  8. Sertifikat kehadiran
  9. Sertifikat Kemenaker**
  10. Jemputan bandara jika diperlukan**

Adapun untuk lokasi pelatihan akan dilaksanakan di kantor Formasi Training (Cek maps). Kami memiliki 3 (tiga) kelas sendiri dengan kapasitas 12 sampai 30 peserta. Selain itu Kami juga bekerja sama dengan hotel-hotel di Jakarta dan kota-kota besar lainnya untuk menjangkau dan memenuhi kebutuhan pelatihan ahli K3 umum di Indonesia.