Pelatihan Ahli K3 Kimia

Istilah kimia memang tidak bisa Anda hindari dari kehidupan sehari-hari sebagai akibat perkembangan teknologi yang modern. Zat ini tersusun dari bahan dan berfungsi mendukung beragam kebutuhan seperti cat tembok dan pemutih. Dengan demikian diperlukan pengawasan teliti dari seorang ahli K3 kimia agar produksi dan prosedur berjalan dengan kondusif.

Bahaya dari  kontaminasi bahan kimia dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan keselamatan. Sehingga Anda harus menghindari kontak langsung dengan bahan kimia seperti tertelan, terhirup, injeksi dan penyerapan. Materi bahaya dan penanggulangan bahan kimia dapat Anda peroleh secara lengkap dalam pelatihan ahli K3 kimia dengan instruktur dan arahan yang tepat.

Dasar Hukum

Seorang ahli dalam industri kimia merupakan individu yang mengetahui, mengawasi dan merencanakan kegiatan di area industri kimia. Supaya setiap pekerja berada pada lingkungan yang aman dan meminimalisir insiden kecelakaan. Dengan demikian pembelajaran K3 kimia menjadi bahasan mutlak bagi Anda yang berniat menjadi profesional dalam bidang industri kimia. Beragam kondisi dan peraturan  ini akan membuat Anda mampu berhati-hati dalam menentukan keputusan. Supaya kesehatan dan keselamatan kerja setiap individu bawahannya mampu dijaga dengan sebaik mungkin.  

Bahan kimia mengandung sejumlah risiko berbahaya bagi keselamatan dan kesehatan setiap pekerja. Sehingga sebagai salah satu pengendalian terhadap penggunaan bahan kimia yang aman, maka terbit dasar hukum tentang pentingnya keikutsertaan para pekerja di bidang kimia.

Terdapat beberapa dasar hukum tentang pelaksanaan kegiatan dan pelatihan ahli K3 kimia di antaranya:

  1. Peraturan dalam undang-undang No.1 tahun 1970 yang membahas tentang keselamatan pekerja di lokasi kerja.
  2. Peraturan yang berasal dari Keputusan Menaker No.187/Men/1999 yang membahas tentang aturan pengendalian bahan kimia. Kemudian merekomendasikan setiap pekerja untuk mengikuti pelatihan sebagai petugas ahli kimia.
  3. Peraturan dalam undang-undang No.13 tahun 2003 yang membahas tentang peraturan ketenagakerjaan.
  4. Peraturan No.4/Men/1995 yang membahas tentang perusahaan jasa penyelenggara K3 atau PJK3.

Apa Itu K3 Kimia Sertifikasi Kemenaker?

Pelaksanaan pelatihan K3 kimia adalah sebuah amanat peraturan yang sah dari Kementerian Tenaga Kerja RI. Kemudian memberikan kesempatan kepada setiap peserta untuk menjadi ahli K3 kimia profesional dengan kepemilikan sertifikasi dan lisensi. Sehingga mampu memberikan partisipasi kerja terbaik Anda kepada perusahaan dan mengamalkan pelaksanaan K3.

Pelatihan ini dibimbing oleh para profesional di bidang kimia dan Kemenaker RI melalui beragam metode menarik. Durasi pelatihan berlangsung selama kurang lebih 12 hari yang diisi dengan kegiatan diskusi, studi kasus, presentasi dan praktik lapangan.  

Pentingnya Ikut Serta Pelatihan Ahli K3 Kimia

Ketika Anda ingin menjadi ahli K3 kimia maka dibutuhkan beragam persiapan dan rangkaian pelatihan yang perlu dilaksanakan. Salah satunya dengan mengetahui beberapa materi penting tentang pengendalian dan penggunaan bahan kimia. Seluruh materi ini akan Anda peroleh melalui rangkaian pelatihan dalam durasi waktu yang telah disepakati.

Materi yang akan Anda peroleh selama pelatihan di antaranya:

  1.  Materi tentang kebijakan K3 dalam lingkup penggunaan secara nasional.
  2. Materi tentang UU No.1 Tahun 1970 sebagai landasan utama penyelenggaraan K3.
  3. Materi tentang lembar data keselamatan bahan kimia.
  4. Materi tentang penanganan dan penyimpanan bahan kimia yang sesuai dengan SOP.
  5. Materi tentang beberapa penyakit akibat paparan dan kontaminasi tubuh terhadap bahan kimiawi.
  6. Materi tentang Toksikologi, laporan kecelakaan dan manajemen pelindung diri.
  7. Materi tentang First Aid di kawasan industri kimia dan pengawasan paparan kimia.
  8. Materi tentang teknik pengendalian bahan kimia dan SMK3 hingga proses Audit SMK3.
  9. Materi tentang prosedur K3 di ruangan tertutup beserta pengendaliannya dan prosedur aksi cepat tanggap bahaya.
  10. Materi tentang cara pengelolaan limbah dan pencegahan kebakaran.
  11. Praktik dan seminar.
  12. Evaluasi akhir.

Tujuan Pelaksanaan Pelatihan Ahli K3 Kimia

Penyelenggaraan sertifikasi K3 kimia memiliki beberapa tujuan penting di antaranya:

  1. Mengetahui peraturan dan undang-undang tentang K3 bidang kimia di lingkungan kerja yang kondusif.
  2. Mampu melakukan proses identifikasi secara terperinci dan bermuara pada kegiatan evaluasi. Kemudian melakukan beragam pengendalian terhadap  potensi bahaya dalam rangka menyimpan, penggunaan dan distribusi bahan kimia sesuai K3 yang berlaku.
  3. Mampu mengetahui cara kerja aman dalam penanganan bahan kimia yang berbahaya. Sehingga mengurangi risiko yang tinggi terjadinya beragam kecelakaan di kawasan industri kimia.
  4. Mampu mengetahui metode pengukuran terhadap bahan-bahan kimia yang sesuai dengan kapasitas di kawasan lingkungan kerja.
  5. Mampu mengetahui dan melaksanakan beragam pengendalian bahaya demi terciptanya lingkungan kerja yang aman dan jauh dari bahaya selama berada di lingkungan kerja.

Terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi sebagai peserta pelatihan ahli K3 kimia di antaranya:

  1. Pendidikan D3 atau Strata S1 bidang kimia
  2. Telah bekerja pada bidang tersebut kurang lebih selama 2 tahun
  3. Melampirkan photo copy ijazah terakhir.
  4. Melampirkan photo copy kartu identitas (KTP).
  5. Melampirkan foto background merah ukuran 4x6 dan 1.5x2 masing-masing sebanyak 3 lembar.
  6. Surat penunjukan /pengantar dari perusahaan

Hasil yang Ingin Diperoleh

Setelah mengikuti pelatihan menjadi ahli kimia dan dinyatakan lulus sebagai ahli K3 kimia. Maka beragam pengetahuan dan manfaat yang diperoleh mampu diamalkan, baik berupa pengendalian, pembinaan dan melaksanakan operasional setiap perusahaan.

Sehingga Anda yang saat ini bekerja dalam industri kimia dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dari sebelumnya. Kemudian mampu melaksanakan tanggung jawab sesuai peraturan yang sah demi keamanan dan keselamatan banyak orang.

Fasilitas dan Lokasi Pelatihan Ahli K3 Kimia

Selama masa pelatihan ( Public Training ), peserta pelatihan akan mendapatkan beberapa fasilitas dari Formasi Training antara lain sebagai berikut :

  1. Instruktur
  2. Ruang pelatihan yang nyaman
  3. Free wifi
  4. Modul materi
  5. Alat tulis
  6. Souvenir Polo Shirt dan Tas Punggung Formasi Training
  7. 2 kali coffee break dan 1 kali makan siang
  8. Sertifikat kehadiran
  9. Sertifikat Kemenaker**
  10. Jemputan bandara jika diperlukan**

Adapun untuk lokasi pelatihan akan dilaksanakan di kantor Formasi Training (Cek maps). Kami memiliki 3 (tiga) kelas sendiri dengan kapasitas 12 sampai 30 peserta. Selain itu Kami juga bekerja sama dengan hotel-hotel di Jakarta dan kota-kota besar lainnya untuk menjangkau dan memenuhi kebutuhan pelatihan K3 di Indonesia.