Training Teknisi K3 Bekerja di Ketinggian Sertifikasi BNSP

Bekerja di ketinggian adalah bekerja pada suatu tempat yang memiliki potensi pekerja dapat terjatuh baik diatas tanah maupun air karena adanya perbedaan ketinggian yang dapat menyebabkan pekerja cedera bahkan hingga kematian. Tempat bekerja di ketinggian dapat terletak di atas atau di bawah suatu level dasar; atau aktivitas naik maupun turun pekerja menggunakan tangga untuk akses keluar-masuk ke tempat kerja mereka.

Adapun definisi ketinggian sudah diatur oleh Kementerian Tenaga Kerja dalam Permenaker Nomor 9 Tahun 2016. Dalam peraturan tersebut tidak dijelaskan tentang batas ketinggian, namun apabila tempat kerja pekerja memiliki potensi jatuh, baik itu jatuh di atas tanah atau air yang dapat menyebabkan pekerja cedera bahkan hingga berujung pada kematian. Untuk memiliki sumber daya manusia yang kualitas dan kemampuannya memadai sesuai lingkup kerja, perusahaan harus memiliki teknisi yang memiliki sertifikat bekerja di ketinggian melalui training K3 ketinggian.

Training ini merupakan sebuah wujud dalam pemenuhan tuntutan dunia usaha untuk memenuhi standar kompetensi bagi pekerja untuk bisa bekerja di area ketinggian yang diakui oleh kementerian tenaga kerja. K3 bekerja di ketinggian harus memenuhi persyaratan standar kompetensi yang telah ditetapkan melalui Kepmenaker No. KEP. 325/MEN/XII/2011 tentang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Sektor Ketenagakerjaan Bidang bekerja di Ketinggian.

Training K3 ketinggian yang dilakukan agar pekerja memiliki kualitas, dan kompetensi yang memadai khususnya berhubungan persyaratan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan lingkungan, termasuk ketelitian, keterampilan, penerapan antisipasi, rekognisi, evaluasi dan pengendalian terhadap risiko yang ditimbulkan. Training K3 ketinggian harus memenuhi SKKNI, Penggunaan SKKNI biasanya disesuaikan dengan target, misalnya untuk dunia usaha atau industri dan penggunaan tenaga kerja, seperti:

  1. Membantu dalam rekrutmen;
  2. Membantu penilaian unjuk kerja;
  3. Membantu dalam menyusun uraian jabatan;
  4. Untuk mengembangkan program pelatihan yang spesifik berdasar kebutuhan dunia usaha / industri.

Program Training Teknisi K3 Bekerja di Ketinggian

Program ini dilaksanakan untuk mengembangkan, dan memelihara kompetensi pekerja dengan jabatan Teknisi Bekerja di Ketinggian, diantaranya meliputi;

  • Persyaratan peraturan dan perundangan serta standar industri tentang pekerjaan dalam di ketinggian yang dipatuhi;
  • Persyaratan keselamatan dan kesehatan dan lingkungan dan praktek kerja aman dan dipatuhi;
  • Dapat melaksanakan pekerjaan dalam ruang terbatas secara produktif, efisiensi dan efektivitas dengan melaksanakan pengawasan secara ketat sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

Persyaratan Peserta Training

  • CV terbaru;
  • Fotocopy ijazah minimal tingkat SMA/SMK;
  • Surat pengalaman kerja formal minimal 2 tahun sebagai Pelaksana Kerja Operasional;
  • Foto Copy Kartu Identitas (KTP/SIM);
  • Membawa Pas Foto 4×6 dan 2×3 masing-masing 3 lembar (background merah).

Materi Training Teknisi K3 Bekerja di Ketinggian

  • Peraturan, dan perundangan-undangan terkait dengan pekerjaan di Ketinggian;
  • Definisi Kerja Ketinggian mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 9 tahun 2016, dan pemahaman Standard Industri OSHA 29 CFR 1926.500-503 pengendalian khusus perlindungan untuk pekerja bekerja di ketinggian;
  • Pelaksanaan analisis keselamatan pekerjaan /Job Safety Analysis (JSA) dilaksanakan sesuai dengan prosedur terkait;
  • Sistem ijin kerja yang aman beserta tugas-tugas dan tanggung jawab bagi Pelaksana Kerja, Pengawas Pabrik/Instalasi, HSE Representative dan Kewenang Pemberi Ijin Kerja;
  • Prosedur kerja aman dan aktivitas bekerja di ketinggian, termasuk syarat-syarat teknis terkait perlengkapan keselamatan selama menjadi pekerja yang bekerja di ketinggian; 
  • Persyaratan Program Tanggap Darurat termasuk dasar-dasar penyelamatan menggunakan man basket, dan rope access;
  • Diskusi kelompok dan penugasan kelas;
  • Latihan penerapan dan simulasi pelaksanaan pekerjaan di ketinggian;

Materi-materi yang disampaikan merujuk berdasarkan SKKNI yang sudah ditetapkan, SKKNI tersebut adalah sebagai berikut.

Unit Keterangan
KKK.TG01.004.01 Memasang Tangga Portable di Level Dasar Untuk Digunakan Naik Turun 
KKK.TG02.003.01 Bergerak Bebas Pada Ketinggian
KKK.TG02.004.01 Melakukan Penyesuaian Posisi Kerja
KKK.TG03.001.01 Menggunaan Alat Angkat Barang Ringan Pada Ketinggian 
KKK.TG03.002.01 Melakukang Pertolongan Pertama Kegawatdaruratan (PPGD) Pada Ketinggian

 

Setiap kegiatan training yang dilakukan akan dilakukan secara ringan dan berbobot dengan beberapa hal pendukung seperti materi slide show, diskusi, penugasan latihan dan praktek lapangan.

Pelaksanaan Training Teknisi K3 Bekerja di Ketinggian

Training Teknisi K3 Bekerja di Ketinggian dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah disediakan, namun jika membutuhkan Inhouse Training, Formasi Training bisa menyelenggarakan training di perusahaan /instansi /lembaga Kamu. Kabar baiknya, training Teknisi K3 Bekerja di Ketinggian bisa dilaksanakan secara daring (online). Formasi Training menjadi pilihan yang tepat karena Kami merupakan lembaga training K3 dan sertifikasi resmi, terdaftar sebagai TUK di LSP. Sampaikan kebutuhan Kamu, tim terbaik Formasi Training akan dengan senang hati membantu memberikan solusi terbaik. Lihat juga kegiatan pelatihan terbaru di sini.