Pelatihan Pengawas K3 Migas

Minyak dan gas menjadi salah satu sumber daya alam yang berpotensi tinggi dalam dunia industri dan poros pembangunan bangsa. Kondisi industri ini turut mendukung dan menuntut pertumbuhan SDM yang cakap dan profesional, salah satunya melalui pelatihan K3 migas. Pelatihan calon ini dilengkapi sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Kegiatan industri migas memiliki risiko dan bahaya yang tinggi mulai dari proses pengambilan, pengolahan dan proses distribusi. Sehingga dapat menimbulkan kecelakaan kerja yang mengintai setiap pekerja di bidang migas. Dengan demikian pengetahuan tentang K3 migas harus Anda miliki apabila hendak menjadi salah satu kandidat pengawas di bidang industri minyak dan gas.

Dasar Hukum K3 Migas

Saat ini terdapat beberapa kualifikasi profesi yang berkaitan dengan industri migas. Hal ini diterapkan sebagai filter bagi para SDM yang berkecimpung dalam industri alam tersebut. Bertujuan untuk mengurangi risiko terjadinya kelalaian dan kecelakaan kerja. Salah satu standar nasional yang diterapkan pemerintah tentang migas adalah SNI 13 6562 2001.

Kualifikasi yang tercantum dalam SNI tersebut adalah tentang kompetensi kerja tenaga teknik khusus migas bidang K3. Sertifikasi yang diberikan selanjutnya diaplikasikan oleh Lembaga Sertifikasi Khusus Migas salah satunya oleh BNSP Indonesia. Kemudian sesuai dengan syarat yang terkandung dalam Kep.248/Men/V/2007.

Keputusan dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi ini membahas tentang penetapan standar kompetensi kerja nasional Indonesia sektor industri minyak dan gas bumi. Menjelaskan pula tentang sub sektor industri minyak dan gas bumi dari hulu ke hilir (Supporting) bidang K3.

Peraturan ini dibentuk guna menciptakan SDM yang sesuai dengan standar dan acuan SKKNI atau Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. Dengan demikian pelaksanaan dan pengetahuan tentang K3 migas perlu dimiliki oleh setiap calon pengawas industri migas melalui perusahaan penyelenggara K3.

Apa Itu Pelatihan K3 Migas?

Industri migas perlu dilakukan dan diawasi dengan ketat supaya terbentuk pola kerja yang kondusif, aman dan komunikatif. Pelatihan K3 migas adalah sebagai suatu rangkaian verifikasi kemampuan Anda dalam menangani beragam kondisi di kawasan industri migas. Pelatihan ini sebagai salah satu cara terbaik untuk memiliki pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja migas.

Kegiatan ini akan dibimbing oleh para profesional di bidang migas dalam beberapa sesi metode penyampaian materi. Mulai dari presentasi, ujian tertulis dan evaluasi terhadap uji lapangan maupun proses kegiatan interview bersama penguji. Proses sertifikasi ini memerlukan durasi waktu kurang lebih selama 3 hari.

Alasan Pentingnya Pelatihan K3 Migas

Pelatihan sertifikasi ini penting untuk Anda ikuti sebagai salah satu syarat kelayakan kerja pengawas di bagian industri migas. Sehingga mampu menjadi seorang profesional yang berkompeten di bidang industri tersebut. Selain kepemilikan lisensi kerja, Anda juga akan dibekali beberapa materi penting di antaranya:

  1. Materi tentang peraturan dan undang-undang pada bagian industri migas.
  2. Materi tentang cara menggunakan beragam alat pelindung di lokasi kerja.
  3. Materi tentang cara melakukan pemadaman kebakaran dan strategi pemadaman kebakaran
  4. Materi tentang cara melakukan Self Contained Breathing Apparatus (SCBA).
  5. Materi tentang pengujian alat gas.
  6. Materi tentang pengoperasian sound level meter.
  7. Materi tentang pelatihan dan penyimpanan lokasi strategis APAR atau Alat Pemadam Api Ringan.
  8. Materi tentang penerapan safety permit, kegiatan forcible dan inspeksi K3 di lokasi kerja.
  9. Materi tentang analisa dan pembuatan laporan kecelakaan kerja.
  10. Materi tentang perencanaan sistem dan kebutuhan fire detector.
  11. Materi tentang pengawasan kesehatan dan First Aid di lokasi kerja.
  12. Materi tentang manajemen K3 pada bagian industri migas.
  13. Materi tentang audit K3 dan penerapan HAZOP di lokasi kerja industri migas.

Tujuan Pelatihan K3 Migas

Kegiatan sertifikasi K3 migas ini memiliki beberapa tujuan penting untuk menyediakan tenaga pengawas migas profesional, di antaranya:

  1. Mampu mengetahui peraturan dan undang-undang tentang K3 migas dengan skala nasional maupun internasional.
  2. Mampu mengetahui penerapan K3 yang bersinergi antara para petugas dan pengawas di industri migas.
  3. Mampu melakukan tindakan penanggulangan terhadap kondisi darurat di lapangan.
  4. Mampu membangun komunikasi yang baik dan kondusif di lokasi kerja.
  5. Mampu melaksanakan pengawasan terhadap kesehatan dan keselamatan kerja di lokasi industri migas.
  6. Mampu melakukan kegiatan identifikasi terhadap bahaya kemudian mengetahui risiko tentang K3 di lokasi kerja.

Apabila Anda hendak mengikuti kegiatan sertifikasi K3 migas  dan menjadi bagian pengawas di industri migas maka diperlukan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya:

  1. Pendidikan minimal D3. 
  2. Berpengalaman di bidang bersangkutan minimal 2 tahun.
  3. Sudah pernah mengikuti pelatihan Basic Safety atau BFF yang dibuktikan dengan sertifikat asli.
  4. Foto copy ijazah terakhir.
  5. Foto copy KTP
  6. Melampirkan foto background warna merah ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar.
  7. Melampirkan surat keterangan sehat dari klinik atau RS terdekat.

Hasil yang Ingin Diperoleh dari Pelatihan K3 Migas

Keikutsertaan Anda dalam pelatihan ini merupakan salah satu bentuk memperoleh sertifikasi K3 migas sebagai salah satu syarat kelayakan profesi menjadi pengawas industri migas. Kemudian diharapkan mampu mengaplikasikan K3 pada bidang migas untuk membentuk forum dan lingkungan kerja yang aman. Sehingga proses kerja berjalan kondusif dan mencapai beragam prestasi kerja.

Fasilitas dan Lokasi Pelatihan Pengawas K3 migas

Selama masa pelatihan ( Public Training ), peserta pelatihan akan mendapatkan beberapa fasilitas dari Formasi Training antara lain sebagai berikut :

  1. Instruktur
  2. Ruang pelatihan yang nyaman
  3. Free wifi
  4. Modul materi
  5. Alat tulis
  6. Souvenir Polo Shirt
  7. 2 kali coffee break dan 1 kali makan siang
  8. Sertifikat kehadiran
  9. Sertifikat Kompetensi BNSP**
  10. Jemputan bandara jika diperlukan**

Adapun untuk lokasi pelatihan akan dilaksanakan di kantor Formasi Training (Cek maps). Kami memiliki 3 (tiga) kelas sendiri dengan kapasitas 12 sampai 30 peserta. Selain itu Kami juga bekerja sama dengan hotel-hotel di Jakarta dan kota-kota besar lainnya untuk menjangkau dan memenuhi kebutuhan pelatihan K3 di Indonesia.