Authorized Gas Tester

Industri perminyakan yang melibatkan berbagai bahan kimia berbahaya sangat beresiko tinggi untuk mudah terbakar atau meledak. Sehingga suatu perusahaan wajib memberlakukan syarat dan standar keselamatan yang tinggi dalam operasi perminyakan. Khususnya di lingkungan gas, petrokimia dan instalasi kilang minyak. Dalam hal ini peranan authorized gas tester sangatlah dibutuhkan.

Authorized Gas Tester atau AGT merupakan suatu penugasan yang akan diberikan kepada pekerja untuk melakukan pendeteksian gas-gas berbahaya. Tugas ini dilakukan atas perintah dari pejabat yang sudah berwenang sehingga tidak asal-asalan menugaskan. Dengan adanya pendeteksian gas ini diharapkan bisa meminimalisir kecelakaan yang sering terjadi di lingkungan industri perminyakan.

Tujuan Pelatihan Authorized Gas Tester

Tugas sebagai pendeteksi gas di industri perminyakan tidak bisa dilakukan sembarangan. Para petugas terlebih dahulu harus mengikuti pelatihan Authorized Gas Tester. Pelatihan ini tentu memiliki tujuan khusus yang sangat bermanfaat dalam operasi industri perminyakan diantaranya :

  1. Memberikan bekal ilmu pengetahuan untuk para petugas yang ditunjuk sebagai petugas pengawas gas. Sehingga petugas ini diharapkan mampu memberikan safety precaution yang aman saat proses pengilangan minyak berlangsung.
  2. Menambah kemampuan petugas dalam menjaga keselamatan pekerja dan aset perusahaan.
  3. Peserta diharapkan bisa menerapkan berbagai upaya pencegahan dalam mengurangi risiko kecelakaan yang bisa berakibat fatal khususnya yang disebabkan gas-gas berbahaya.
  4. Para peserta latihan diharapkan bisa memahami manfaat dan mekanisme penerbitan surat ijin kerja.
  5. Peserta mampu mengukur gas berbahaya di tempat mereka bekerja dan menginterpretasikan hasil pengukurannya serta mampu merawat dengan baik peralatan deteksi gas.
  6. Peserta pelatihan ini akan mengikuti ujian kompetensi untuk mendapatkan sertifikat dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) sehingga kualitas dan kemampuannya bisa dipertanggung jawabkan.

Persyaratan Peserta Pelatihan AGT

Pelatihan Authorized Gas Tester dirancang untuk semua pekerja yang terlibat dalam bidang pekerjaan berbahaya seperti industri kimia, perminyakan, petrokimia dan gas seperti Laboratory Officer, Supervisor Operasi, Shipping Supervisor, Operator Pabrik, Tank Cleaning Supervisor, Safety Supervisor, Contractor Tank, Maintenance Supervisor.

Penyelenggaraan pelatihan biasanya memiliki syarat-syarat tertentu untuk para calon peserta. Peserta yang memenuhi syarat yang telah ditentukan bisa langsung mengikuti pelatihan. Untuk mengikuti pelatihan ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu :

  1. Pendidikan minimal SMA/Sederajat dan sudah berpengalaman di bidang yang bersangkutan.
  2. Melampirkan foto copy ijazah terakhir.
  3. Melampirkan surat rekomendasi dari perusahaan.
  4. Melampirkan foto copy KTP/Paspor/Kitas.
  5. CV atau surat keterangan pengalaman kerja.
  6. Melampirkan pas foto ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar.

Materi Pelatihan Authorized Gas Tester

Selama mengikuti training Authorized Gas Tester ini ada beberapa materi yang akan didapatkan. Dan yang pastinya semua materi ini sangat bermanfaat untuk diaplikasikan di lingkungan kerja nantinya. Sehingga sangat disayangkan jika calon pekerja di bidang yang bersangkutan tidak mengikuti training yang begitu bermanfaat ini. Beberapa materi pelatihannya terdiri dari :

  1. Identifikasi bahaya dan penilaian resiko pekerjaan
  2. Penanganan bahan-bahan yang berbahaya
  3. Pengujian dan deteksi gas
  4. Permit to work
  5. Hazardous Area Classification
  6. Bahaya kebakaran dan penganggulangannya
  7. Pekerjaan berisiko yang melibatkan gas tester
  8. Alat pelindung diri
  9. Isolasi energy/LOTO/Purging Gas
  10. Mengenal alat deteksi gas dan mekanisme pengoperasiannya
  11. Trouble shooting dan kalibrasi test alat deteksi gas
  12. Tutorial review kompetensi gas tester
  13. Ujian sertifikasi personil gas tester
No Kode Unit Unit Kompetensi
1 B.060018.002.02 Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Tempat Kerja di Industri Migas
2 B.060018.022.02 Menganalisis Resiko di Industri Migas
3 B.060018.013.02 Menerapkan safety permit di tempat kerja di Industri Migas
4 B.060018.009.02 Mengoperasikan alat uji gas di Industri Migas

 

Fasilitas dan Lokasi Pelatihan Authorized Gas Tester

Selama masa pelatihan ( Public Training ), peserta pelatihan akan mendapatkan beberapa fasilitas dari Formasi Training antara lain sebagai berikut :

  1. Instruktur
  2. Ruang pelatihan yang nyaman
  3. Free wifi
  4. Modul materi
  5. Alat tulis
  6. Souvenir Polo Shirt
  7. 2 kali coffee break dan 1 kali makan siang
  8. Sertifikat kehadiran
  9. Sertifikat Kompetensi BNSP**
  10. Jemputan bandara jika diperlukan**

Adapun untuk lokasi pelatihan akan dilaksanakan di kantor Formasi Training (Cek maps). Kami memiliki 3 (tiga) kelas sendiri dengan kapasitas 12 sampai 30 peserta. Selain itu Kami juga bekerja sama dengan hotel-hotel di Jakarta dan kota-kota besar lainnya untuk menjangkau dan memenuhi kebutuhan pelatihan K3 di Indonesia.