Perbedaan Sertifikat K3 Ketinggian BNSP dengan Kemnaker RI

Setiap perusahaan baik barang maupun jasa hendaklah menetapkan standar-standar keselamatan dan kesehatan kerja para pegawai di tempat kerja untuk terciptanya lingkungan pekerjaan yang nyaman, aman dan berkualitas hingga memberikan hasil pekerjaan yang memuaskan. Beberapa syarat keselamatan kerja diuraikan dalam poin-poin dibawah ini :

  1. Mencegah dan mengurangi kecelakaan; 
  2. Mencegah, mengurangi dan memadamkan kebakaran; 
  3. Mencegah dan mengurangi bahaya peledakan; 
  4. Memberi kesempatan atau jalan menyelamatkan diri pada waktu kebakaran atau kejadian-kejadian lain yang berbahaya; 
  5. Memberi pertolongan pada kecelakaan; 
  6. Memberi alat-alat perlindungan diri pada para pekerja; 
  7. Mencegah dan mengendalikan timbul atau menyebar luasnya suhu, kelembaban, debu, kotoran, asap, uap, gas, hembusan angin, cuaca, sinar atau radiasi, suara dan getaran;
  8. Mencegah dan mengendalikan timbulnya penyakit akibat kerja baik fisik maupun psikis, peracunan, infeksi dan penularan; 
  9. Memperoleh penerangan yang cukup dan sesuai; 
  10. Menyelenggarakan suhu dan lembab udara yang baik; 
  11. Menyelenggarakan penyegaran udara yang cukup; 
  12. Memelihara kebersihan, kesehatan dan ketertiban; 
  13. Memperoleh keserasian antara tenaga kerja, alat kerja, lingkungan, cara dan proses kerjanya; 
  14. Mengamankan dan memperlancar pengangkutan orang, binatang, tanaman atau barang;

Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dalam meminimalisir kecelakaan saat bekerja pada ketinggian, pemerintah melalui Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI, Nomor 9 Tahun 2016 tentang K3 Bekerja di Ketinggian telah mengatur bahwa setiap perusahaan atau pengusaha harus memiliki prosedur kerja yang meliputi:

  1. Teknik dan cara perlindungan jatuh;
  2. Cara pengelolaan peralatan;
  3. Teknik dan cara melakukan pengawasan pekerjaan;
  4. Pengamanan Tempat Kerja; dan 
  5. Kesiapsiagaan dan tanggap darurat.

Prosedur kerja tersebut haruslah dipahami oleh setiap pekerja yang bekerja di ketinggian agar potensi bahayanya dapat di minimalisirkan sebaik mungkin sehingga tidak menimbulkan kerugian materiil maupun nonmaterial.

Sebagai upaya lingkungan kerja yang aman, sehat dan keselamatan setiap pekerja terjamin, perusahaan harus menyediakan tenaga kerja kompeten dan berwenang di bidang K3 dalam pekerjaan di ketinggian melalui Training K3 Bekerja di Ketinggian dengan sertifikasi dari BNSP maupun Kemnaker RI. Lalu, ada timbul pertanyaan apa yang membuat perbedaan dari Sertifikasi K3 Ketinggian BNSP dan Kemenaker RI

Sertifikat K3 Ketinggian BNSP

BNSP merupakan Badan yang independen dan  bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki kewenangan sebagai pemilik otoritas pemberi sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi para tenaga kerja dengan tugas pokok dan fungsi yang tertulis dalam PP No. 23 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi tahun 2004, yaitu: BNSP dapat memberikan lisensi kepada lembaga sertifikasi yang ditetapkan untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja.

BNSP menyajikan proses pelatihan K3 bekerja di ketinggian dengan mengikuti sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja seperti penetapan kebijakan K3 , perencanaan dan pelaksanaan rencana K3, pemantauan dan evaluasi kinerja K3 serta peninjauan dan peningkatan kinerja sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja untuk industri minyak dan gas di daerah-daerah tertentu.

Sertifikat K3 Ketinggian Kemenaker RI

Kemnaker menjadi salah satu lembaga resmi yang mengeluarkan sertifikasi K3 Kemnaker RI untuk mencetak beberapa ahli kesehatan dan keselamatan kerja pada industri yang bergerak di bidang kontraktor atau konstruksi, kimia, hingga listrik. Pelatihan yang disajikan oleh Kemnaker RI merupakan suatu bentuk pembekalan materi, praktek, tes dan penilaian khusus untuk pekerja yang ditunjuk perusahaan dengan maksud terciptanya kemajuan dan meningkatnya profit perusahaan atau kesejahteraan karyawannya itu sendiri.

Pentingnya Sertifikasi K3 Bekerja di Ketinggian

Pentingnya sertifikasi K3 berkerja di ketinggian BNSP maupun Kemnaker RI dapat memberikan beberapa manfaat bagi pihak, seperti:

Bagi Karyawan di tempat kerja yang telah bersertifikat

  1. Jenjang karir dan promosi yang lebih baik.
  2. Meningkatkan akses untuk berkembang dalam profesinya Pengakuan terhadap kompetensi yang dimiliki

Bagi Perusahaan/Tempat Kerja

  1. Mengurangi kesalahan kerja
  2. Produktivitas meningkat
  3. Komitmen terhadap kualitas
  4. Memudahkan dalam penerimaan karyawan
  5. Mempunyai karyawan yang berdaya saing, terampil dan termotivasi

Dengan adanya ahli K3 bekerja di ketinggian, perusahaan dapat memiliki ahli K3 yang akan bertugas dalam mengontrol, mengawasi dan merancang supaya tempat kerja dan atribut yang digunakan pekerja dapat memberikan rasa aman dari bahaya kecelakaan kerja.