Yuk, Cari Tahu Apa Itu Sertifikasi Ahli K3 Umum BNSP

Di Indonesia, sertifikasi ahli K3 umum biasanya dikeluarkan oleh Kemnaker dan BNSP. Bila penunjukan  ahli K3 umum Kemnaker mengacu pada Per-02/MEN/1992, sertifikasi ahli K3 umum BNSP merujuk pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor Kep 42/Men/III/2008. Jika sebelumnya kita sudah membahas ahli K3 umum sertifikasi Kemnaker, sekarang saatnya cari tahu apa itu sertifikasi ahli K3 umum BNSP? coba simak ulasan berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu BNSP dan Keuntungan Memiliki Sertifikasi BNSP

BNSP merupakan kepanjangan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Melalui PP 23 Tahun 2004, pemerintah resmi mendirikan lembaga ini sebagai pelaksana sertifikasi kompetensi.

Mengapa sertifikasi diperlukan?

Di era dunia kerja seperti sekarang, persaingan antar individu terbilang ketat. Ya, mereka saling berlomba agar bisa diterima oleh perusahaan bonafide dan bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Untuk menjadi individu yang lebih unggul, saat ini banyak yang membekali dirinya dengan memiliki sertifikasi, seperti sertifikasi BNSP. Keberadaan sertifikasi ini menjadi bukti sejauh mana ukuran kemampuan yang Anda miliki. Bukan hanya itu, memiliki sertifikasi bisa membuat Anda percaya diri dalam menjalankan profesi saat ini.

Bicara mengenai sertifikasi milik BNSP, lembaga independen bentukan pemerintah ini turut menyediakan sertifikasi ahli K3 umum untuk Anda yang ingin memperoleh sertifikasi kompetensi ahli K3 umum. Bila ingin tahu apa saja persyaratannya, silakan simak penjelasannya pada poin ke dua berikut ini.

 

Syarat Menjadi Ahli K3 Umum BNSP

Untuk mendapatkan sertifikasi ahli K3 umum dari BNSP, Anda harus menyiapkan sejumlah persyaratan yang dibutuhkan. Oh iya, umumnya sertifikasi ahli K3 umum dibedakan menjadi 3 tingkatan yaitu:

  1. Tingkat utama
  • Tidak berlaku untuk mereka yang lulusan SLTA
  • Minimal mempunyai pengalaman kerja 10 tahun di bidang K3 untuk S1 non teknik dan non K3
  • Minimal punya pengalaman kerja 8 tahun di bidang K3 bagi S1 teknik (non K3)
  • Minimal pengalaman kerja 5 tahun bagi Anda Sarjana (S1) K3
  1. Tingkat madya
  • Pemohon sertifikasi lulusan SMK/SLTA diwajibkan punya pengalaman kerja minimal 10 tahun di bidang K3
  • Pengalaman kerja di bidang K3 selama 8 tahun untuk D3
  • Minimal mempunyai pengalaman kerja 7 tahun di bidang K3 untuk S1 non teknik dan non K3
  • Minimal punya pengalaman kerja 5 tahun di bidang K3 bagi S1 teknik (non K3)
  • Minimal pengalaman kerja 2 tahun bagi Anda Sarjana (S1) K3
  1. Tingkat muda
  • Lulusan SLTA minimal punya pengalaman kerja 3 tahun di bidang K3
  • 2 tahun pengalaman kerja untuk D3
  • Minimal mempunyai pengalaman kerja 1 tahun di bidang K3 untuk S1 non teknik dan non K3
  • Minimal punya pengalaman kerja 1 tahun di bidang K3 bagi S1 teknik (non K3)
  • Minimal pengalaman kerja 6 bulan bagi Anda Sarjana (S1) K3

Selain persyaratan di atas, bagi Anda yang ingin mengikuti sertifikasi ahli K3 BNSP juga wajib melengkapi:

  1. Fotokopi ijazah terakhir
  2. Fotokopi KTP/KITAS/paspor
  3. 2 lembar Foto 3x4
  4. Surat rekomendasi dari pimpinan/rekan kerja (bila ada)
  5. Sertifikat pelatihan K3 yang pernah diikuti (bila ada)
  6. Surat keterangan pengalaman kerja atau CV

 

Apakah Sertifikat Ahli K3 Umum BNSP Diakui oleh Depnaker?

Sekadar informasi untuk Anda yang ingin mengambil sertifikasi ahli K3 umum BNSP, sertifikasi yang dikeluarkan oleh BNSP diakui oleh Depnaker mengingat BNSP merupakan satu-satunya lembaga independen bentukan pemerintah yang bertugas memberikan sertifikasi kompetensi kerja. Sertifikat keluaran BNSP bahkan berskala nasional hingga ada juga yang berskala internasional.

 

Masa Berlaku dan Cara Memperpanjang Sertifikat Ahli K3 Umum BNSP

Sertifikat ahli K3 umum keluaran BNSP memiliki masa berlaku selama 3 tahun. Setelah itu, Anda bisa melakukan perpanjangan. Bagaimana cara mengurus perpanjangan sertifikat ahli K3 umum BNSP? Sebagai pemegang sertifikat, Anda tinggal mengajukan perpanjangan melalui LSP atau Tempat Uji Kompetensi. Selanjutnya Anda diminta untuk mengikuti uji kompetensi guna memastikan bahwa Anda masih menjaga atau memiliki kompetensi tersebut.

 

Memilih Jasa Pelatihan untuk Sertifikasi Ahli K3 Umum BNSP

Bingung mencari jasa pelatihan ahli K3 umum BNSP? Anda bisa menghubungi Formasi Training. Lembaga ini menyediakan pelatihan ahli K3 umum muda, madya, hingga utama. Tiap pelatihan memiliki jadwal serta harga yang berbeda mulai dari Rp6.000.000 hingga Rp8.000.000. Untuk informasi lebih lengkap seputar sertifikasi ahli K3 umum BNSP, silakan akses website resmi Formasi Training.

 

Itulah informasi seputar sertifikasi ahli K3 umum BNSP yang perlu Anda tahu. Sekadar informasi tambahan, sertifikasi ahli K3 umum yang dikeluarkan BNSP sejatinya berfungsi sebagai barang bukti bahwa Anda terampil dalam bidang K3. Namun, mendapatkan sertifikat ahli K3 umum dari BNSP tak serta merta bisa menjadikan ahli K3 di perusahaan.

Tags :
Copyright ©2019 PT. FORMASI SISTEM INTERNASIONAL. All Rights Resevered.